Ternyata Hiking Tropical Rainforest, Diving Rubiah Island Terdaftar Pada Wisata Aceh

lamanqu.co – Tanah Rencong atau sekarang lebih dikenal dengan Nanggroe Aceh Darussalam menjadi provinsi paling barat Negara Indonesia.

Dengan pulau paling terluar salah satunya Kota Sabang di Pulau Weh.

Ada terpendam banyak destinasi wisata yang siap melampiaskan adrenalin adventure air anda sekaligus naluri pendekatan dengan alam belantara, selain itu objek lain nya diuraikan satu per satu dibawah ini:

Pulau Rubiah

Taman Laut Pulau Rubiah ini merupakan sebuah pulau cantik yang masih alami dengan luas wilayah hanya sekitar 2.600 Hektar. Guys, kalau mau ke Pantai Rubiah ini gampang banget lho, karena jaraknya gak terlalu jauh sama Pantai Iboih. Lokasinya terletak sekitar 350 Meter dari pantai Iboih.

Terkenal dengan aktivitas diving dan snorkeling karena keindahan biota laut yang masih alami dan terjaga, digadang-gadang bahwa Pulau Rubiah masuk ke dalam salah satu titik menyelam terbaik di dunia.

Lokasi: Pulau Rubiah, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Pantai Lampuuk

Menjadi salah satu primadona bagi pariwisata di Aceh sebelum terjadinya Bencana Tsunami pada tahun 2004. Pantai Lampuuk ini terletak di pantai barat Aceh tepatnya di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Guys, kalau mau kesini harus pakai kendaraan pribadi dengan waktu tempuh lebih kurang setengah jam ke arah Meulaboh, karena tidak ada angkutan umum untuk sampai ke sini.

Lokasi: Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh

Pantai Lhoknga

Letak Pantai Lhoknga ini tidak jauh dari Pantai Lampuuk, apabila kalian mau kesini bisa sekalian ke pantai Lampuuk guys! Pantai Lhoknga merupakan salah satu pantai di Aceh Besar yang menjadi favorit para peselancar, termasuk peselancar internasional.Tidak heran kalau pantai ini sering dijadikan tempat untuk acara-acara peselancar.

Lokasi: Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh

Pantai Iboih

Pantai Iboih terletak di seberang tepi barat Pulau Weh di bagian utara Aceh. Pantai Iboih merupakan surga yang tersembunyi sebagian besar tetap tak tersentuh oleh banyak kunjungan wisatawan, memberikan suasana yang lebih santai dan santai. Cocok bagi kalian yang ingin bulan madu kesini!

Lokasi yang begitu menawan dengan pasir keemasan yang penuh dengan batu-batu raksasa. Air dangkal laut yang begitu jelas dapat melihat dasar laut, dengan warna biru yang bikin hati damai.

Lokasi: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Pantai Alue Naga

Terkenal dengan sunset yang indah, Pantai Alue Naga memang diburu wisatawan untuk mengabadikan momen yang indah. Bukan hanya Pantai Lampuuk, Pantai Alue Naga juga terkena dampak Tsunami Aceh tahun 2004 silam.

Pantai ini lokasinya di objek wisata di kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Lokasi: Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh

Museum Tsunami

Ini dia niiih salah satu museum terkeren yang ada di Indonesia. Arsitektur bangunan ini artsy banget, ruangan di dalamnya juga amat sangat tematik. Sejenak mengingatkan kita pada galeri seni di Ibu Kota Jakarta.

Dasarnya Kang Ridwan Kamil yang jago banget, jadilah si Museum Tsunami ini dibangun dengan berbagai filosofi pada tiap sudut bangunannya. Kayak misalnya, kalau dilihat-lihat, bangunan ini ternyata mirip banget sama bentuk kapal yang mana lekat dengan kehidupan masyarakat Banda Aceh yang memang kebanyakan berprofesi sebagai kuli laut alias nelayan. Cerobong asap di bagian atas bangunan juga semakin menguatkan bentuk kapal tersebut.

Selain itu, namanya museum, di Museum Tsunami ini juga dipamerkan foto, benda dan video dokumenter yang menceritakan keganasan tsunami serta luka yang dirasakan warga Aceh kala itu. Bagian paling sedihnya adalah saat kita memasuki prayer room, dimana kita diminta untuk berdoa di dalam ruangan yang di dindingnya terpasang ribuan nama yang menjadi korban tsunami Aceh 2004 silam. Duh sedih!

Lokasi: Jalan Sultan Iskandar Muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Tugu Nol Kilometer.

Meskipun letaknya nggak benar-benar di batas terluar Indonesia, tugu ini menyimbolkan batas terluar Indonesia bagian barat.

Kalau foto aja nggak cukup kuat untuk dijadiin bukti kalau kamu udah pernah ada di sisi paling baratnya Indonesia, tenang aja di sini juga disediain loh sertifikat yang menunjukkan kalau kamu emang bener-bener pernah ke Tugu Nol Kilometer ini lengkap dengan tanda tangan Walikota Sabang segala!

Lokasi: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Taman Nasional Leuser

Tempat yang bikin kamu nggak menoleh lainnya adalah Taman Nasional Leuser. Hiking di hutan tropis ini bakal bikin kamu berasa mirip Indiana Jones deh.

Taman nasional ini merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan yang membelah sebagian besar Sumatera. Saking gedenya taman nasional ini, kamu juga bisa masuk dari Sumatera Utara lho. ?

Kegiatan seru selain hiking di Taman Nasional Leuser ini adalah berinteraksi dengan sepupu jauh umat manusia (baca: Orang Utan) dan hewan-hewan langka lainnya seperti Harimau Sumatera, Gajah, Badak, dan lainnya. Yah namanya juga hutan, hewan-hewan liar macem mereka masih berkeliaran bebas yah!

Lokasi: Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara dan Aceh

Gunung Burni Telong

Aceh memang terkenal dengan wisata pantainya yang fantastis. Tapi, di Aceh juga ada wisata gunung yang bisa melengkapi kunjungan kamu ke Aceh. Salah satu Gunung yang biasa didatangi traveler untuk hiking adalah Gunung Burni Telong.

Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Aceh yang memiliki ketinggian mencapai 2600 mdpl. Ya nggak setinggi Semeru yang 3000 mdpl sih, tapi lebih tinggi lah daripada sasak ibu pejabat. Lokasi gunung ini ada di kabupaten Bener Meriah, yang pasti mendaki gunung ini apalagi bersama temen-temen kamu bisa bikin hidup kamu benar-benar meriah.

Lokasi: Gunung Burni Telong, Bener Meriah, Aceh

Selanjutnya, jatuhnya pilihan itu is in your taste ya guys. Mau mulai dari mana? Diving, hiking atau apa aja sesuka mu. Salam.