Seluk Beluk Jurusan Ilmu Perpustakaan Sering Ditanyakan

Palembang, LamanQu.co –┬áSering sekali aku jumpa dengan orang-orang yang nanyakan kuliah di mana dek? Jurusan apa? Sepengalaman aku ni ya ketika aku ngejawab kuliah di jurusan ilmu perpustakaan banyak yang menanyakan kok kuliah di jurusan ilmu perpustakaan?

Memangnya apa sih ilmu perpustakaan itu? So, di sini aku akan sedikit ngejelaskan apa Ilmu Perpustakaan dan kenapa kuliah di jurusan ilmu perpustakaan.

Apasih Ilmu Perpustakaan?

Secara teori dari literatur yang kita santap tiap hari, Ilmu perpustakaan merupakan ilmu informasi yang menggabungkan ilmu sosial, ilmu hukum serta ilmu terapan untuk mempelajari topik yang berkaitan dengan perpustakaan.

Disini kita belajar menyusun koleksi di rak perpustakaan dengan susunan nomor punggung buku, belajar klasifikasi, belajar cara membuat katalog pada buku, maksud yang sebenar benarnya gitu gaes..

Dan bukan hanya itu saja yang menariknya di ilmu perpustakaan juga belajar cara mengelola arsip berbagai macam bentuknya mulai dari arsip dinamis, arsip aktif, arsip vital dan laun sebagainya.

Belum lagi kuliah di jurusan ilmu perpustakaan juga belajar membuat data base arsip, menginput arsip, membuat sistem keamanan arsip serta mempermudah mencari arsip dan semua tata kelolah kearsipan.

Nah selain itu kami juga belajar cara menentukan tingkat akses pada arsip elektronik atau bisa juga di sebut arsip digital, misalnya arsip rahasia. Apa itu arsip rahasia? Arsip ini merupakan arsip yang dimiliki oleh perusahaan yang dapat di kelola melalui kode etik perusahaan tersebut. Jadi penting jugakan..!

Nah kalau bicara tentang kode etik tidak jarang bukan jika menggunakan kode etik itu melibatkan kemampuan IT, nah dengan begitu ternyata butuh kecangihan yang ajek juga ya gak?

Seperti yang sudah aku jelaskan di atas bahwa di kuliah jurusan ilmu perpustakaan juga mempelajari rekod dan arsip elektronik, kami belajar mengelola arsip menggunakan software-software tertentu dan kami juga diajari membuat sistem database arsip sendiri. Gimana menarik bukan?
Mata kuliah yang tidak membosankan dan full aseeknya.hihi.

Kenapa mau kuliah di jurusan ilmu perpustakaan? Nanti kalau sudah lulus gak bosen apa nungguin buku aja di perpustakaan?

Pertanyaan kayak gitu kayak nyeleneh ke telinga ya gaes..

Tapi tak apa lah emang terkadang celetuk itu jika kita sikapi dengan arif gak akan ngaruh ke rasa mual, karena emang ilmu ini masih terbilang langkah. Kenapa di katakan langkah?

Ya karena tidak semua universitas di Palembang ada jurusan perpustakaan, perpustakaan nya tidak dipungkiri bahwa jurusan yang langkah merupakan banyak peluang lapangan pekerjaa, percaya gak?

Mangkanya lulusan ilmu perpustakaan banyak dibutuhkan pada perpustakaan umum dan perpustakaan sekolah. Bukan sampai disitu lulusan ilmu perpustakaan juga bisa bekerja pada instansi-instansi pemerintahan seperti pada kantor kearsipan untuk mengelola arsip-arsip instansi, tentunya bisa juga bekerja di ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia), kita bisa mengelola arsip-arsip negara. Menarik bukan?

Lulusan ilmu perpustakaan juga bisa kerja di pertamina kok, loh kok kerja di pertamina? Iya kerja di pertamina karena pertamina juga punya perpustakaan yang bisa di kelola oleh lulusan ilmu perpustakaan, yang tidak kalah penting pertamina kan banyak mempunyai arsip-arsip pengeboran minyak yang dimana arsip-arsip tersebut sangat penting.

Itulah sebabnya kenapa jurusan ilmu perpustakaan bisa kerja di pertamina, selain ada perpustakaannya pertamina juga mempunyai arsip pengeboran minyak yang dapat dikelola karena jurusan ilmu perpustakaan belajar cara mengelola arsip-arsip dengan baik dan benar.

Naaaah, dari cerita yang aku ceritain di atas adalah sedikit informasi tentang jurusan Ilmu Perpustakaan barangkali bisa jadi pertimbangan untuk kalian yang tertarik pada jurusan ini.

Tidak semua hal yang dianggap orang sepeleh itu buruk kok, bagi aku semua jurusan itu baik tinggal bagaimana pandangan seseorang dalam berfikir menanggapi sesuatu hal dengan fikiran yang positif.

Semua orang punya skill, minat, dan kemampuan yang berbeda-beda jangan karena kuliah di jurusan iilmu perpustakaan sering di katakan orang untuk apa nungguin buku aja, ngantuk, bosen dan lain-lain membuat kalian yang tadinya ingin masuk di jurusan ini jadi ill-feel (hilabg selerah)

Bakat dan kemampuan pada diri anda hanya anda yang mengetahuinya, bukan orang lain. Tidak selamanya kuliah di jurusan yang di anggap orang wah hebat wah bagus itu sesuai dengan bakat dan kemampuan anda.

Kita kuliah untuk belajar, mengembangkan keterampilan sesuai bakat kita masing-masing bukan untuk sekedar gaya-gayahan hehehehe bagaimana setuju gak?

Duh kayaknya sudah kepanjangan nih saya ceritanya gaes…
Sampai jumpa lagi pada tulisan-tulisan selanjutnya, Salam..

Written by
Nur Najmi Thoyrina
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang jurusan Ilmu Perpustakaan.